Keren, Personel RAN dan Maliq & D’Essentials Bentuk Grup Musik Baru

Berawal dari obrolan iseng dan kekaguman akan Yovie Widianto, Lale dan Ilman dari Maliq & Dâ??Essentials serta Nino dari RAN akhirnya membuat sebuah grup musik. Grup musik ini berupa proyek menciptakan lagu dan memproduseri musikus-musikus Indonesia. Proyek itu dinamakan Laleilmanino.

Alasan mereka bertiga membentuk grup ini sebenarnya didasari dari rasa prihatin mereka terhadap kurangnya apresiasi pecinta musik Indonesia terhadap pencipta musik.

“Karena kita hidup di dunia musik pasti kita ngeh sama keberadaan mereka. Sayangnya mayoritas penduduk di Indonesia gak tahu orang-orang kayak Candra Darusman, Oddie Agam dan James F Sundah,” ujar Nino seperti dilansir dari Liputan6com, Rabu (19/10/2016).

“Banyak banget songwriter yang sebenarnya sangat bertalenta, lagunya bagus-bagus. Cuma karena orang tahunya siapa yang membawakan, bukan siapa yang menciptakan, jadinya mereka gak pernah dikenal. Akhirnya mereka, kasarnya, hidupnya lebih susah dari artisnya. Padahal kalau gak ada lagu itu artisnya gak mungkin jadi sesuatu juga,” tambah Nino.

Laleilmanino sendiri menggabungkan kompleksitas kord dan gaya sophisticated dari Lale dan Ilman dengan melodi dan lirik dari Nino yang sederhana dan mudah dinyanyikan sehingga bersatu padu menjadi lagu pop yang apik.

Laleilmanino (Liputan6)
Laleilmanino (Liputan6)

Sejauh ini Laleilmanino telah menjadi produser dan menciptakan hits bagi para musikus senior maupun pendatang baru seperti Rio Febrian, Maudy Ayunda, Angel Pieters, Bastian Steel, HIVI, Vidi Aldiano dan Armand Maulana. Bahkan lagu-lagu ciptaan mereka telah bersliweran di radio-radio dan meraih nominasi dan menang di ajang penghargaan seperti Anugrah Planet Muzik dan AMI Awards.

Mereka juga mengaku tak menutup kemungkinan untuk memproduseri band-band di luar musik pop. “Itu sesuatu yang menantang sih misalnya tiba-tiba ada band rock datang ke kita pengen di-produce, ayo banget,” ungkap Ilman.

Awalnya banyak yang mengira bahwa Laleilmanino adalah sebuah band, bahkan sudah ada yang mengundang mereka untuk tampil dalam acaranya. Tetapi mereka tegaskan bahwa Laleilmanino adalah sebuah grup produser sekaligus pencipta lagu.

Namun saat ditanya apakah terdapat kemungkinan suatu saat grup ini akan menjadi band, mereka tidak menampiknya. “Gak menutup kemungkinan semua itu bisa terjadi. Tapi kalau dalam waktu dekat sih sama yang kita rencanakan dari awal (bahwa) kita gak pengen ada di atas panggung,” tutur Lale. (tom)

Written by Hutomo Dwi

Cowok penyuka Jepang, dari bahasa, musik, sampai film dan animenya.

Makin Canggih, Kini Robot Juga Bisa Berkeringat

Bukan Cuma di Tiongkok, Jakarta Juga Punya Desa Berisikan Penduduk Kembar