Gigi berlubang adalah salah satu masalah gangguan kesehatan gigi yang paling serius. Banyak yang menganggap kalau penyebab utama gigi berlubang itu adalah permen. Padahal permen bukanlah penyebab utama gigi berlubang, meski permen merupakan salah satu penyebabnya. Lalu apa penyebab utama gigi berlubang?

Dilansir dari sheknows.com, Senin (16/6/2014), makanan yang menjadi penyebab utama gigi berlubang itu adalah biskuit asin atau dikenal dengan nama saltine cracker. Biskuit asin ini adalah jenis makanan yang menggunakan ragi dan sudah melalui proses pemasakan yang kompleks. Tak banyak orang yang menyadari bahwa biskuit ini juga mengandung bahan-bahan yang dibuat dengan rekayasa genetik, yang akhirnya bisa meningkatkan indeks glisemik. Pada akhirnya makanan ini memiliki lebih banyak kariogenik yang bisa menyebabkan gigi berlubang.

Saat Anda makan makanan yang mengandung ragi, bakteri di dalam mulut akan berkembang biak lebih cepat berkali lipat. Seperti organisme lain, bakteri juga perlu mengeluarkan kotoran. Dan kotoran inilah yang menyebabkan bau mulut tidak sedap dan gigi berlubang.

Jika Anda ingin memiliki gigi sehat dan tidak mudah berlubang, usahakan untuk mengurangi konsumsi biskuit ini. Pastikan juga Anda selalu menggosok gigi setelah makan makanan yang sekiranya mudah menyangkut di sela-sela gigi Anda. Jika Anda tidak sempat menyikat gigi setelah memakan makanan yang mudah tersangkut di sela-sela gigi, Anda bisa mengkonsumsi buah atau sayuran segar kaya serat. Saat mengunyah makanan yang kaya serat, produksi air liur akan meningkat dan bisa mengurangi plak gigi yang menumpuk.

Selain sayur dan buah segar, teh hijau dan teh hitam juga bisa membunuh atau mengurangi jumlah bakteri penyebab plak gigi, karena teh hijau dan teh hitam memiliki polifenol yang dikenal sebagai pencegah gigi berlubang. (tom)