Selamat berpuasa! (drfranklipman.com)

Menjalani hari-hari sambil berpuasa mungkin akan membuat kita sedikit lesu dan sering mengantuk. Tetapi berpuasa tidak boleh menjadi alasan untuk kita bermalas-malasan lho. Kamu harus tetap memanfaatkan waktu dengan baik, terlebih lagi kalau sedang off day dan libur di rumah. Agar waktumu bisa bermanfaat, berikut ini adalah hal-hal yang dapat kamu kerjakan ketika menjalani puasa di rumah saja versi JadiBerita:

1. Ibadah

Adik cantik ini saja ibadah lho (pinimg.com)

Memiliki waktu kesempatan berada seharian di rumah tanpa banyak tuntutan aktivitas lain seperti biasanya tentu memberikan kesempatan buatmu untuk bisa meningkatkan kualitas dan kuantitas ibadahmu. Kalau pada hari-hari biasa kamu tidak sempat melaksanakan ibadah-ibadah sunnah, maka ketika berada di rumah kamu bisa menjalaninya dengan baik dan meningkatkan kualitas ibadah wajibmu.

2. Menata kamar

Yuk rapihkan kamarmu seperti dia (gettyimages.com)

Setelah sekian lama kamu tidak memiliki waktu untuk membenahi kamarmu, maka saat kamu berada di rumah kamu bisa memanfaatkan waktu untuk menata ulang kamarmu. Atau bahkan kamu berniat untuk memberikan ornamen baru sehingga tercipta dekorasi kamarmu yang cantik dan baru?

3. Membersihkan rumah)

Boys, potongin rumput ya. Tapi nggak begini juga sih (gettyimages.com)

Membersihkan rumah bukan hanya pekerjaan si mbok lho ya. Kamu sebagai anak sang pemilik rumah juga seharusnya bisa ikut membantu sedikit-sedikit. Apalagi kalau kamu memang tidak menyewa jasa mbok manapun. Untuk kamu para cewek, kamu bisa membersihkan rumah dengan membantu menyapu atau menata ruangan rumahmu agar terlihat lebih cantik. Dan untuk kamu para cowok, tuh lihat rumput di halaman rumah mulai panjang, bersihkan ya.

4. Membantu orangtua

Asik bantu-bantu mama di dapur (lmld.org)

Sebenarnya poin ketiga sudah mencakup memanfaatkan waktu untuk bisa membantu orangtua, tetapi masih banyak yang bisa dilakukan untuk bisa membantu orangtua kok. Kamu bisa membantu mamamu menyiapkan menu untuk berbuka puasa.

5. Istirahat yang cukup

Istirahat jangan lupa ya (becel.ca)

Untuk membuat tubuhmu tetap sehat, kamu juga perlu tidur siang. Hari-hari sebelumnya mungkin kamu tidak memiliki waktu untuk bisa beristirahat dengan cukup dan tidur siang, maka saat di rumah dan tengah berpuasa, kamu boleh kok tidur siang.

(anb)