Suka Ngemil Malam Adalah Tanda Kelainan Mental?


Apakah Anda sering tak bisa tidur sebelum ngemil atau tiba-tiba saja terbangun tengah malam karena ingin ngemil? Hati-hati, karena kebiasaan tersebut bisa jadi bukan pertanda baik untuk kesehatan mental Anda.

Sebuah penelitian mengungkap bahwa orang yang memiliki kebiasaan ngemil di malam hari lebih rentan terkena penyakit mental. Tak hanya itu, penelitian yang dilakukan oleh peneliti di University of Pennsylvania ini juga mengklaim bahwa ngemil tengah malam merupakan pertanda ada yang tak beres dengan kesehatan mental seseorang.

Adapun hasil ini didapatkan peneliti setelah melakukan survei terhadap 1.600 siswa, seperti dilansir Merdeka.com, Selasa (25/03/2014). Penelitian yang dipimpin oleh Dr Rebecka Peebles ini mengaitkan kebiasaan ngemil di malam hari dengan kelainan makan atau keadaan mental para partisipan.

Hasil penelitian ini menunjukkan orang yang suka ngemil tengah malam biasanya terkena sindrom yang disebut night snacking syndrome. Sindrom ini tak hanya membuat orang ingin ngemil di malam hari melainkan juga membuat mereka sulit tidur jika belum ngemil.

Para ahli menemukan bahwa orang yang memiliki sindrom ini biasanya akan terbangun di tengah malam hanya untuk makan dan kembali tidur. Tetapi, sindrom ini tak ada kaitannya dengan kelebihan makan. Namun kemungkinan besar sindrom ini berkaitan dengan kelainan makan.

Orang yang suka ngemil di malam hari diperkirakan memiliki masalah mental seperti hiperaktivitas, kurang bisa fokus, dan juga memiliki kelainan makan seperti anoreksia.

Jika Anda memiliki kebiasaan ngemil di malam hari yang cukup parah hingga terbangun di malam hari hanya untuk ngemil dan tak bisa tidur jika tak melakukannya, sebaiknya segera hentikan atau berkonsultasilah pada dokter. (nha)


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
30
Love
OMG OMG
20
OMG
Yaelah Yaelah
50
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
40
Keren Nih
Ngakak Ngakak
70
Ngakak