Ini Dia 11 Penyebab Mimpi Buruk


Saat seseorang tidur, pastinya akan mengalami fase sebuah mimpi. Mimpi disebut sebagai bunga tidurnya manusia.

Mimpi terjadi ketika seseorang memasuki fase tidur REM (rapid eye movement). Selama fase ini, setiap emosi yang dirasakan seharian penuh akan dikumpulkan dan diubah menjadi memori jangka panjang

Disaat tengah tertidur, tak sedikit seseorang yang mengalami mimpi buruk. Mimpi buruk merupakan episode ketakutan ekstrem saat seseorang tertidur. Selain itu, terkadang mimpi buruk bisa menjadi sebuah pertanda akan sesuatu yang nanti akan terjadi.

Mimpi buruk acapkali terjadi pada paruh kedua dari tidur malam. Selama mimpi buruk, seseorang akan mengerang, meracau (berbicara sendiri), atau bergerak sedikit, bercucuran keringat atau berteriak.

Waspadalah, mimpi buruk sangat beresiko tinggi bagi seseorang karena akan terserang penyakit parkinson, jantung, dan gangguan penurunan fungsi saraf lainnya.

Umumnya, mimpi buruk cenderung dialami oleh anak-anak. Namun, tak menutup kemungkinan bahwa mimpi buruk juga bisa dialami remaja ataupun dewasa

Lantas, apa penyebab munculnya mimpi buruk saat manusia sedang tidur? Seperti dilansir dari Foxnews, Jumat, (8/8/2014), inilah 10 penyebab mimpi buruk.

1. Kurang tidur dan kelelahan
2. Streskecemasan
3. Masalah pernapasan seperti sleep apnea
4. Efek lingkungan yang kondusif, seperti cahaya lampur kamar yang terlalu terang dan berisik
5. Demam tinggi
6. Migrain
7. Luka pada kepala
8. Kecemasan
9. Riwayat keluarga
10. Perubahan hormonal
11. Obat-obatan yang diminum

Terkait penyebab mimpi buruk seperti yang telah diterangkan di atas, ternyata ada sejumlah orang dewasa yang mengalami tidur buruk dikarenakan mereka memiliki riwayat depresi atau kecemasan.

Jika sudah seperti itu, sebaiknya Anda berkonsultasi dengan dokter. Namun, Anda bisa mencoba beberapa di bawah ini untuk membantu mengatasi hal tersebut.

1. Terapi perilaku kognitif
2. Hypnosis
3. Biofeedback
4. Meditasi

Sebaiknya, berdoalah terlebih dahulu sebelum tidur. Pastikan pula And tak memirkan hal yang aneh-aneh agar terhindar dari mimpi buruk. (nha)


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
60
Love
OMG OMG
50
OMG
Yaelah Yaelah
80
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
70
Keren Nih
Ngakak Ngakak
100
Ngakak