Perbedaan Piano, Organ dan Keyboard

Selama ini mungkin ketiga alat musik ini hampir sama.

Perbedaan piano organ keyboard
Perbedaan piano organ keyboard (Foto: id.yamaha.com)

Mungkin kamu sering mendengar nama alat musik yang serupa tapi tak sama, yaitu piano, organ dan keyboard. Meski sama-sama memiliki tuts untuk ditekan dan dimainkan, ada beberapa perbedaan mendasar di antara ketiga alat musik tersebut. Apa saja perbedaannya? Berikut perbedaannya, seperti dilansir dari berbagai sumber.

1. Piano

Steinway Sons concert grand piano model D 274 manufactured at Steinways factory in Hamburg Germany
Piano (Foto: Wikipedia)

Piano itu sebenarnya termasuk alat musik perkusi. Alasannya adalah hanya ada satu suara yang dihasilkan, yaitu suara piano itu sendiri. Untuk bermain piano tidak hanya bermodal ‘tahu posisi kord’. Kita harus bisa mengeksplor skill piano klasik, misalnya fingering. Biasanya piano juga dilengkapi dengan tiga pedal di bagian bawahnya, dengan fungsinya masing-masing, seperti untuk melembutkan suara atau untuk memanjangkan nada.

BACA JUGA: Rizal Abdulhadi, Pencipta Alat Musik Bambu Rasendriya yang Mendunia

Piano terdiri dari dua jenis, yaitu upright piano dan grand piano. Kamu bisa lihat dua jenis piano itu pada gambar di bawah ini.

Alat musik piano memiliki tuts yang lebih banyak. Hal ini memang disebabkan karena alat musik piano diciptakan pada mulanya untuk permainan solo sehingga harus menjangkau nada mulai dari sangat rendah sampai sangat tinggi, supaya semakin kaya variasi.

2. Organ

Written by Hutomo Dwi

Cowok penyuka Jepang, dari bahasa, musik, sampai film dan animenya.