Perbedaan Piano, Organ dan Keyboard


Mungkin kamu sering mendengar nama alat musik yang serupa tapi tak sama, yaitu piano, organ dan keyboard. Meski sama-sama memiliki tuts untuk ditekan dan dimainkan, ada beberapa perbedaan mendasar di antara ketiga alat musik tersebut. Apa saja perbedaannya? Berikut perbedaannya, seperti dilansir dari Kaskus, Senin (19/1/2015).

1. Piano

Piano itu sebenarnya termasuk alat musik perkusi. Alasannya adalah hanya ada satu suara yang dihasilkan, yaitu suara piano itu sendiri. Untuk bermain piano tidak hanya bermodal ‘tahu posisi kord’. Kita harus bisa mengeksplor skill piano klasik, misalnya fingering. Biasanya piano juga dilengkapi dengan tiga pedal di bagian bawahnya, dengan fungsinya masing-masing, seperti untuk melembutkan suara atau untuk memanjangkan nada. Piano terdiri dari dua jenis, yaitu upright piano dan grand piano. Kamu bisa lihat dua jenis piano itu pada gambar di bawah ini.

Upright piano (kiri) dan grand piano
Upright piano (kiri) dan grand piano

Alat musik piano memiliki tuts yang lebih banyak. Hal ini memang disebabkan karena alat musik piano diciptakan pada mulanya untuk permainan solo sehingga harus menjangkau nada mulai dari sangat rendah sampai sangat tinggi, supaya semakin kaya variasi.

2. Organ

Organ lebih cenderung mainin akord, jadi pemain organ tidak perlu susah-susah memikirkan melodi, karena bagian melodi sudah menjadi jatahnya pianis. Organ memiliki dua jenis, yaitu rgan pipa (orgel) dan organ elektronik (electone)

Organ pipa (kiri) dan organ elektronik
Organ pipa (kiri) dan organ elektronik

Organ pipa memiliki deretan tuts lebih dari satu, dan tombol analog yang sangat banyak. Organ pipa sendiri memiliki pipa-pipa raksasa. Sementara organ elektronik deretan tutsnya kebanyakan 2 baris (ada yang 1 baris tapi sudah langka) dan pedal kaki (pedalboard) sangat banyak.

3. Keyboard

Keyboard
Keyboard

Keyboard ini memiliki banyak jenis, namun kalau kita mengenal ciri-cirinya kita akan mudah membedakannya dari piano dan organ. Ciri-cirinya yang membedakannya dari piano dan organ:
1. Tidak memiliki pedal nada (pedalboard) seperti pada organ.
2. Deretan tuts selalu satu. Belum pernah ada keyboard yang memiliki deretan tuts 2 seperti organ.
Kebanyakan keyboard bersifat portabel, bisa dibawa hanya dengan satu orang saja. Keyboard memiliki banyak tipe sound. Jadi bisa dipakai juga untuk sound-sound alat musik yang kita tidak punya, tapi kita butuhkan. Misalnya sound biola di keyboard sudah ada suara biola meskipun kita tidak bisa main biola.

Semoga dengan tulisan ini kamu jadi bisa mengetahui perbedaan piano, organ dan keyboard. (tom)


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
87
Love
OMG OMG
63
OMG
Yaelah Yaelah
95
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
93
Keren Nih
Ngakak Ngakak
14
Ngakak