5 Negara Asia yang Jadi Produsen Film Terbaik


Industri perfilman dunia saat ini sepertinya dipegang oleh Amerika Serikat, atau Hollywood. Namun saat ini, industri perfilman Asia juga tidak kalah dengan film Hollywood. Berikut ini adalah 5 negara Asia yang jadi produsen film terbaik, dilansir dari Kaskus, Senin (13/4/2015).

1. Indonesia

The Raid 2 (Kaskus)
The Raid 2 (Kaskus)

Film Indonesia tampaknya semakin maju dengan banyaknya film yang dirilis di bioskop. Ada beberapa ciri khas film Indonesia, yaitu filmnya berjenis horor, komedi, dan drama romantis. Selain itu juga kebanyakan filmnya merupakan adaptasi dari novel terkenal. Era kebangkitan film Indonesia ditandai dari dirilisnya film “Ada Apa Dengan Cinta” pada tahun 2002. Kemudian film Indonesia menjadi lebih fenomenal lagi dengan munculnya “The Raid”, yang bahkan akan di-remake jadi film Hollywood.

2. Korea Selatan

Boys Before Flower versi Korea Selatan (Kaskus)
Boys Before Flower versi Korea Selatan (Kaskus)

Beda dengan Indonesia, negeri Ginseng ini sebagian besar filmnya berjenis drama romantis, meskipun ada juga yang berjenis film laga alias action. Meski demikian, perfilman Korea Selatan juga tidak bisa diremehkan dan mungkin kualitasnya bisa disejajarkan dengan perfilman negara lainnya.

3. Tiongkok

Ip Man 2 (Kaskus)
Ip Man 2 (Kaskus)

Negara yang bertetanggaan dengan Korea Selatan ini juga filmnya cukup terkenal di samping negaranya sendiri. Untuk jenis film, film buatan Tiongkok biasanya berjenis action, dan mengandalkan gaya bertarung tangan kosong alias kungfu. Salah satu contohnya adalah film “Ip Man”. Bahkan para aktor asal Negeri Tirai Bambu tersebut juga ada yang sukses menjadi aktor Holywood, seperti Jackie Chan atau Jet Li.

4. Jepang

Stand By Me Doraemon (Kaskus)
Stand By Me Doraemon (Kaskus)

Jepang termasuk negara yang selalu hadir dengan ide-ide kreatif. Hal itu juga diimplementasikan dalam dunia perfilman. Jepang sendiri identik dengan film horor, anime dan drama romantis. Selain itu Jepang juga banyak memproduksi drama bertema polisi atau pembunuhan. Namun Jepang masih unggul dalam masalah film horor. Pasalnya banyak mitos-mitos mengerikan yang terjadi di sana. Selain horor, Jepang juga dikenal sebagai salah satu negara penghasil film porno (Japanese Adult Video atau JAV) terbesar di dunia.

5. India

PK (Kaskus)
PK (Kaskus)

Jika Amerika Serikat punya landmark yang namanya Hollywood, India juga tak mau kalah. India juga punya yang namanya Bollywood, yang setiap tahunnya menghasilkan lebih dari 1000 film. India juga mempunyai ciri khas dari setiap filmnya. Kalau Tiongkok sering di padukan dengan kungfu, maka India lebih sering memadukan filmnya dengan lagu dan tarian. Dari segi para pemain, Bollywood juga tak kalah dengan pemain Hollywood, meski masih berada di bawahnya. India dikenal memiliki film yang inspiratif dibandingkan dengan negara lainnya. (tom)


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
13
Love
OMG OMG
112
OMG
Yaelah Yaelah
36
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
23
Keren Nih
Ngakak Ngakak
54
Ngakak