5 Film yang Pemutarannya Dilarang karena Menyinggung Agama

â??Noahâ? bukan satu-satunya film yang memancing reaksi keras dari badan sensor dan lembaga keagamaan. Ternyata, ada beberapa film yang juga pernah mengalami nasib serupa karena punya cerita yang berpotensi menyinggung agama tertentu.

Bahkan, tak sedikit negara yang melakukan aksi demonstrasi guna menolak kehadiran film-film tersebut. Berikut 5 film yang pemutarannya dilarang karena menyinggung agama.

1. Monty Pythonâ??s Life of Brian

Monty Pythonâ??s Life of Brian
Monty Pythonâ??s Life of Brian

â??Monty Pythonâ??s Life of Brianâ? yang dirilis tahun 1979 sudah pernah mendapat larangan pemutaran sampai berpuluh-puluh tahun di negara-negara seperti Inggris, Irlandia, dan Norwegia. â??Life of Brianâ? sendiri bercerita mengenai kehidupan Brian, seorang pria yang lahir di sebelah kandang domba tempat Yesus dilahirkan. Melalui serangkaian kejadian konyol, Brian yang terseret keadaan tiba-tiba dianggap sebagai sosok juru selamat, sehingga nasibnya akhirnya berakhir di atas kayu salib. â??Life of Brianâ? sebenarnya tak hanya membahas soal religi, filmnya juga berfungsi untuk menyindir film agama buatan studio besar, cara kerja politisi, sampai urusan serikat pekerja.

Sutradara: Terry Jones
Penulis Naskah: Graham Chapman, John Cleese, Terry Gilliam, Eric Idle, Terry Jones, Michael Palin
Pemeran: Graham Chapman, John Cleese, Terry Gilliam, Eric Idle, Terry Jones, Michael Palin

2. The Profit

The Profit
The Profit

Film ini bercerita mengenai sosok L. Conrad Powers yang mendirikan organisasi bernama Church of Scientific Spiritualism demi mendapatkan keuntungan. â??The Profitâ? yang diputar perdana di Festival Film Cannes 2001 dilarang untuk diputar di Amerika Serikat di bulan April 2002 atas perintah pengadilan, dan larangan tersebut baru dicabut tahun 2007.

Sutradara: Peter N. Alexander
Penulis Naskah: Peter N. Alexander
Pemeran: Cliff Roca (Mitchell Cabot), Tom Luce (The Doctor), Eric Rath (Leland Conrad Powers), Christine Eads (Helen Hughes), Jeff Hughes (Zach Carson)

3. The Passion of the Christ

The Passion of the Christ
The Passion of the Christ

Meski sangat brutal dan tidak dibuat dalam bahasa Inggris, â??The Passion of the Christâ? (2004) masih menjadi film dengan rating R paling laris di Amerika Serikat sampai saat ini. Tetapi, di pasar internasional, nasibnya tidak seberuntung itu. Film besutan Mel Gibson ini dilarang untuk diputar di Arab Saudi, Bahrain, dan Kuwait. Sementara itu, di Malaysia film ini boleh diputar, tetapi hanya boleh disaksikan oleh penonton yang beragama Kristen.

Sutradara: Mel Gibson
Penulis Naskah: Mel Gibson, Benedict Fitzgerald
Pemeran: Jim Caviezel (Jesus), Maia Morgenstern (Mary), Christo Jivkov (John), Francesco De Vito (Peter), Monica Bellucci (Magdalen), Mattia Sbragia (Caiphas), Luca Lionello (Judas), Hristo Shopov (Pontius Pilate)

4. The Matrix Reloaded

The Matrix Reloaded
The Matrix Reloaded

â??The Matrix Reloadedâ? adalah salah satu film paling laris di tahun 2003. Tetapi, orang-orang di Mesir tidak dapat menonton film ini karena dianggap menyinggung agama. Berdasarkan keputusan yang dibuat oleh 15 anggota komite sensor yang terdiri dari profesor, kritikus film, psikolog, dan penulis, film â??The Matrix Reloadedâ? dianggap dapat menyinggung tiga agama sekaligus.

Sutradara: Andy Wachowski, Lana Wachowski
Penulis Naskah: Andy Wachowski, Lana Wachowski
Pemeran: Keanu Reeves (Neo), Carrie-Anne Moss (Trinity), Agent Smith (Hugo Weaving), Laurence Fishburne (Morpheus), Gloria Foster (The Oracle), Randall Duk Kim (The Keymaker)

5. The Last Temptation of Christ

The Last Temptation of Christ
The Last Temptation of Christ

â??The Last Temptation of Christâ? (1988) adalah film yang pemutarannya diiringi dengan reaksi paling keras. Film yang diadaptasi dari novel karya Nikos Kazantzakis ini bercerita mengenai kehidupan Yesus sebagai juru selamat yang selayaknya manusia, punya rasa takut, nafsu, dan keragu-raguan. Bagian yang paling kontroversial dari kisahnya adalah alternatif cerita di mana Yesus menyaksikan apa yang terjadi apabila dirinya tidak mati disalib dan memilih untuk hidup normal serta menikahi Mary Magdalene. Film ini dilarang untuk diputar di banyak negara, seperti Turki, Filipina, Argentina, Meksiko, dan Singapura.

Sutradara: Martin Scorsese
Penulis Naskah: Paul Schrader
Pemeran: Willem Dafoe (Jesus), Harvey Keitel (Judas), Paul Greco (Zealot), Steve Shill (Centurian), Verna Bloom (Mary, Mother of Jesus), Barbara Hershey (Mary Magdalene)

(nha)

Written by Janah

Simple Girl

Wisata Ziarah di Tapanuli Tengah, Mendaki 700-an Anak Tangga

10 Kota yang Paling Dibenci di Dunia