5 film kisah nyata terbaik di dunia

Jika membicarakan film tentang kisah nyata seseorang, pasti akan sangat menarik. Selain itu, pastinya film-film berdasarkan kisah nyata ini akan mengundang perhatian masyarakat untuk menonton jalan cerita dari film tersebut.

Sudah banyak para sutradara yang membuat film berdasarkan kisah nyata. Tetapi, hanya ada beberapa film kisah nyata yang diklaim terbaik di dunia. Inilah 5 film terbaik di dunia berdasarkan kisah nyata versi JadiBerita, Selasa (16/06)

1. Into The Wild

Into The Wild (cnn)
Into The Wild (cnn)

Film berdasarkan kisah nyata terbaik di dunia adalah Into The Wild. Ini adalah film yang berkisah tentang perjalanan McCandless. Aktor bernama Emile Hirsch didapuk sebagai pemeran McCandless. McCandless adalah seorang pemuda yang cerdas dan berasal dari keluarga kaya raya. Namun, ia merasa bahwa kedua orangtuanya hidup dengan penuh kemunafikan. Sebab, ayahnya kerap melakukan tindak kekerasan terhadap ibunya. Ironisnya, McCandless ternyata anak yang dilahirkan dari sebuah hubungan gelap sang ayah. Merasa kecewa dan dibohongi, McCandless pun memutuskan berpetualang sekaligus menjadi motivasi dari perjalanannya.

2. The Sea Inside

 The Sea Inside (wikipedia)
The Sea Inside (wikipedia)

The Sea Inside juga menjadi film berdasarkan kisah nyata terbaik di dunia. Film yang digarap oleh sutradara Alejandro Amenabar ini menceritakan tentang tragedi yang dialami seorang nelayan asal Galicia, Spanyol. Nelayan itu mengalami kelumpuhan di bagian bawah tubuhnya karena kecelakaan sewaktu menyelam. Film ini diadaptasi dari tokoh Ramon Sampedro. Meski lumpuh, Ramon tetap berkampanye selama 30 tahun untuk mendukung aksi eutanasia. Tokoh Ramon sendiri diperankan oleh aktor Javier Barde.

3. October Sky

October Sky (cinematter)
October Sky (cinematter)

Di posisi ketiga, October Sky ikut menjadi film berdasarkan kisah nyata terbaik di dunia. Film yang disutradarai oleh Joe Johnston ini menceritakan beberapa siswa kelas 3 SMA yang terdorong meluncurkan satelit buatan sendiri. Namun, pembuatan satelit tidaklah yang semudah mereka bayangkan. Sebab, mereka kerap menemui kendala dalam melakukan pembuatan satelit. Saat mereka tengah bersemangat buat satelit, orangtua mereka tak setuju. Tetapi, hal itu tak menyurutkan impian mereka. Film ini dibintangi oleh Jake Gyllenhaal, Chris Cooper, dan Laura Dern.

4. The Motorcycles Diaries

The Motorcycles Diaries (thehagueonline)
The Motorcycles Diaries (thehagueonline)

Tak mau kalah dengan 3 film di atas, The Motorcycles Diaries juga mencatatkan namanya sebagai film berdasarkan kisah nyata terbaik di dunia. Film ini mengkisahkan perjalanan Ernesto “Che” Guevara dan Alberto Granado yang menjelajah Amerika Latin pada tahun 1952 dengan motor kuno yang dijuluki “The Mighty One”. Keduanya menghabiskan waktu perjalanan lebih dari setahun dengan jarak yang ditempuh lebih dari 12.000 km, dari Argentina melewati Chili, Peru dan Kolombia hingga ke Venezuela. Dua tokoh utama dalam film ini adalah Gael Garcia Bernal dan Rodrigo de la Serna.

5. The Pianist

The Pianist (britannica.com)
The Pianist (britannica.com)

Posisi terakhir adalah The Pianist yang juga dinobatkan sebagai film berdasarkan kisah nyata terbaik di dunia. Ini adalah film yang berkisah tentang kehidupan Wladyslaw Spilzman (pianist Yahudi Polandia) bersama keluarganya dimasa invasi Nazi (Jerman) ke Polandia. Dimasa itu, kaum Yahudi termasuk Spilzman mengalami tekanan yang luar biasa. Lantaran hal sewenang-wenang dari pihak Nazi, Spilzman berpisah dengan keluarganya. Beruntung Spilzman bertemu temannya sesama seniman yang akhirnya membantunya untuk bersembunyi dari tentara Nazi.

(nha)