Disadari atau tidak, kamu pasti sering atau setidaknya pernah membeli jajanan yang menggunakan koran bekas sebagai pembungkusnya. Kasus lain, kamu pernah melihat atau membantu ibumu memasak dan menggunakan koran bekas untuk meniriskan minyak. Sebaiknya mulai sekarang kamu harus menghindari kebiasaan tersebut ya guys, karena dikutip dari Zeenews berikut ini adalah akibat dari sering makan makanan yang dibungkus koran bekas:

1. Risiko Kanker

Tintanya bisa membuat tangan menjadi hitam, bagaimana kalau termakan oleh kita? (eurasianet.org)

Tinta yang digunakan pada surat kabar berbahaya, yang akan luntur jika terkena minyak dan hal tentunya tidak untuk dikonsumsi. Karena apabila terserap dalam makanan dan masuk dalam tubuh, ini akan menjadi zat karsinogen, sebuah zat penyebab kanker yang mengubah asam deoksiribonukleat (DNA) dalam sel-sel tubuh, dan hal ini mengganggu proses-proses biologis.

2. Menyebabkan masalah pada paru-paru dan ginjal

Hi, seperti makan koran secara langsung (cdn.net)

Kertas koran juga berbahaya bagi kesehatan tubuh manusia apabila tertelan, karena mengandung grafit. Jika masuk ke dalam tubuh, bisa membuat tubuh kamu akan kesulitan untuk mengeluarkan racun tersebut. Jika sudah terjadi terus-menerus, dan racun telah menumpuk maka dapat menyebabkan masalah pada ginjal dan paru-parumu. Hi, mengerikan ya.

3. Terganggunya sistem pencernaan dan keseimbangan hormon

Mentang-mentang keseimbangan tubuh terganggu, nggak gitu juga sih (cdn.com)

Pelarut kimia dari tinta koran tentu sangat berbahaya bagi kesehatan. Jika masuk ke dalam tubuh, maka bisa mengancam sistem pencernaan dan mengganggu keseimbangan hormon pada tubuh.

Lalu bagaimana solusinya?

Untuk mengurangi minyak berlebihan pada makanan yang digoreng kamu bisa menggunakan tisu atau kertas dapur, guys. Kalaupun kamu terpaksa untuk menggunakan kertas, lebih baik gunakan kertas polos saja ya.

(anb)