5 Keunggulan Indonesia yang Tak Dimiliki Negara Lain

Kamu harus bersyukur banget dengan kekayaan alam negara kita yang banyak tidak dimiliki oleh negara lain.

498 candi borobudur istimewa

Seperti yang sudah diketahui, Indonesia merupakan negara kepulauan terbesar di dunia dengan jumlah total pulau mencapai 17.508 pulau. Terdiri dari 5 kepulauan besar dan 30 kelompok kepulauan kecil, termasuk 9.634 pulau yang belum diberi nama dan 6.000 pulau yang tidak berpenghuni.

Di dalamnya ada 3 dari 6 pulau terbesar didunia, yaitu Kalimantan, Sumatera, dan Papua. Selain merupakan negara kepulauan terbesar di dunia, Indonesia juga memiliki keunggulan lain dibandingkan bangsa lainnya. Apa saja? Berikut beberapa keunggulannya, seperti dilansir jadiBerita dari berbagai sumber.

1. Negara maritim terbesar di dunia

Pantai Iboih Ulinulin
Pantai Iboih (Ulinulin)

Indonesia adalah negara maritim terbesar di dunia dengan perairan seluas 93.000 km persegi dan panjang pantai sekitar 81.000 km persegi atau hampir 25% dari panjang pantai di dunia.

2. Memiliki suku bangsa terbanyak di dunia

Penari Bali Hasbihtc
Penari Bali (Hasbihtc)

Indonesia memiliki suku bangsa yang terbanyak di dunia. Terdapat lebih dari 740 suku bangsa atau etnis, bahkan di Papua saja terdapat 270 suku. Dengan jumlah suku sebanyak itu menjadikan Indonesia memiliki bahasa daerah terbanyak, yaitu 583 bahasa dan dialek dari 67 bahasa induk yang digunakan berbagai suku bangsa di Indonesia.

Meski banyak memiliki bahasa daerah namun bahasa nasionalnya yaitu Bahasa Indonesia mampu menyatukannya tanpa menghilangkan tutur bahasa daerahnya.

BACA JUGA: Jalan-jalan ke Tabanan Bali, Jangan Lupa untuk Mengunjungi 5 Destinasi Wisata Menawan Ini


Written by Hutomo Dwi

Cowok penyuka Jepang, dari bahasa, musik, sampai film dan animenya.