5 layanan transaksi online yang bisa kamu coba selain PayPal

Foto Source: Pexels.com @Thirdman

Sebagaimana kita ketahui PayPal adalah salah satu layanan transaksi online yang paling banyak digunakan di seluruh dunia. Namun entah karena alasan tertentu, PayPal justru tidak bisa diakses oleh negara tertentu. Selain itu PayPal termasuk memiliki biaya yang tidak murah dibandingkan dengan layanan sejenis lainnya. Ditambah lagi kebiasaan PayPal yang suka memblokir akun tanpa alasan yang jelas.

Jika kamu tidak bisa atau tidak ingin menggunakan layanan PayPal, jangan khawatir karena masih banyak alternatif terpercaya untuk melakukan transaksi online. Jadiberita.com telah merangkum dari berbagai sumber inilah 5 layanan transaksi online yang bisa kamu coba selain PayPal. Berikut adalah ulasan lengkapnya.

Wise

Wise, sebelumnya dikenal sebagai TransferWise, platform ini adalah salah satu pilihan layanan transaksi online karena biayanya yang sangat murah.

Untuk setiap transaksi, TransferWise hanya mengenakan biaya sebesar 1% dari total jumlah yang ditransfer dengan minimum $3, hampir 1/3 dari biaya yang dikenakan PayPal. Menariknya, TransferWise menggunakan nilai tukar pasar menengah untuk konversi, sehingga kamu pasti mendapatkan nilai tukar terbaik tanpa biaya dari Wise.

Fitur lain yang bagus adalah jumlah yang ditransfer langsung masuk ke rekening bank penerima. Pengirim dapat membayar melalui rekening bank atau kartu debit/kredit (biaya kartu debit/kredit dapat dikenakan tergantung pada bank).

Selain transaksi pribadi, TransferWise juga menawarkan solusi yang bagus untuk bisnis dengan fitur akun Borderless-nya. Biayanya sama dengan transaksi pribadi, tetapi tanpa biaya transaksi minimum. Kamu akan mendapatkan dashboard lengkap untuk mengelola semua transaksi kamu dalam beberapa mata uang dan bahkan membuat pembayaran otomatis.

Waktu pemrosesan pembayaran juga sangat cepat. Meskipun dikatakan bisa memakan waktu 2-4 hari, banyak pengguna yang belum pernah melihat keterlambatan lebih dari satu hari.

Kelebihan Wise

  • Biaya transfer uang internasional yang rendah.
  • Nilai tukar konversi pasar menengah.
  • Akun bisnis yang dapat diandalkan.
  • Mudah digunakan, dan penerima tidak perlu memiliki akun.
  • Mendukung banyak negara di mana PayPal tidak tersedia atau terbatas, seperti Bangladesh, India, atau Pakistan.

Kekurangan Wise

  • Hanya mendukung transfer uang internasional.

BACA JUGA: 10 Aplikasi untuk Transfer Uang lewat HP Terbaru Tahun 2023

Skrill

Layanan transaksi online berikutnya adalah Skrill. Skrill sangat mirip dengan PayPal. Kamu tinggal menautkan rekening bank atau kartu debit/kredit ke akun Skrill kamu dan mengirim/menerima uang. Layanan ini hanya mengenakan biaya 1,9% untuk transfer antara dompet Skrill. Ini masih lebih murah dari PayPal dan tidak ada tarif yang khusus untuk negara/mata uang yang berbeda.

Namun, masalah datang jika ingin transfer uang internasional di mana akun menggunakan mata uang yang berbeda. Skrill mengenakan biaya 3,99% untuk konversi mata uang, sehingga transfer internasional bisa memakan biaya hampir 6% dari total jumlah.

Selain itu jika mata uang bank kamu tidak didukung oleh Skrill (40 mata uang didukung). Konversi uang akan melibatkan penerimaan uang dan penarikan uang ke rekening bank kamu. Sehingga bank kamu bahkan mungkin menambahkan beberapa biaya. Semua ini bisa mengakibatkan biaya hingga 12-15% hanya untuk menerima/mengirim uang.

Jika kamu tinggal di Eropa, maka kamu juga bisa mendapatkan Skrill Prepaid Mastercard gratis untuk langsung menggunakan uang di dompet Skrill Mastercard. Meskipun tidak seperti PayPal, tapi banyak toko online menerima pembayaran melalui Skrill. Ini termasuk GoDaddy, Shutterstock, Skype, Playing Asia, dan lainnya.

Kelebihan Skrill

  • Biaya rendah untuk transfer dengan mata uang yang sama.
  • Memiliki Prepaid Mastercard yang didedikasikan.
  • Banyak toko yang mendukung pembayaran Skrill.

Kekurangan Skrill

  • Konversi mata uang bisa menjadi masalah nyata.
  • Mungkin memerlukan verifikasi ekstra untuk meningkatkan batas dompet maksimum.

Transfast

Transfast sangat mirip dengan TransferWise karena memungkinkan kamu untuk menyetor langsung ke rekening bank penerima. Namun, hanya penduduk AS yang dapat menggunakan layanan ini untuk mengirim uang ke seluruh dunia.

Layanan ini mendukung transaksi online di AS dan 50 negara lainnya. Beberapa negara yang tidak didukung oleh PayPal juga didukung oleh Transfast.

Transfast mengenakan biaya tetap $4,99 untuk setiap transaksi dan tidak mengenakan biaya untuk transfer di atas $1000. Transfer ke beberapa negara juga gratis, seperti India atau Nigeria. Sayangnya, Transfast menggunakan nilai tukar mata uangnya sendiri untuk konversi mata uang yang tergantung pada mata uang itu sendiri. Namun, nilai tukar tersebut cukup kompetitif.

Kelebihan Transfast

  • Bagus untuk transaksi besar.
  • Mendukung negara yang tidak didukung oleh PayPal.
  • Dapat mengirim uang secara lokal di AS.

Kekurangan Transfast

  • Hanya penduduk AS yang dapat mengirim uang.

BACA JUGA: Panduan Lengkap Cara Transfer PayPal ke Dana

Payoneer

Layanan transaksi online selain PayPal berikutnya adalah Payoneer. Payoneer bekerja melalui Payoneer Mastercard yang dikirimkan ke rumah kamu secara gratis dengan biaya tahunan sebesar $25 (dikenakan pada akhir tahun). Kamu dapat menggunakan kartu di mana saja Mastercard diterima.

Payoneer sebagian besar dibuat untuk membantu kamu menerima pembayaran dari perusahaan AS seperti Wish, Fiverr, PayPal, dan lebih dari 3500 lainnya. Kamu dapat menarik pembayaran menggunakan ATM atau langsung menariknya dari Mastercard.

Tidak ada biaya untuk mengirim dan menerima pembayaran dari pengguna kartu Payoneer lainnya. Dan ada biaya penarikan sebesar 2% saat kamu menarik uang dalam mata uang rupiah. Namun, jika kamu menerima uang dari perusahaan, mereka mungkin mengenakan biaya mereka sendiri.

Kebelihan Payoneer

  • Mastercard gratis.
  • Mudah menerima uang dari perusahaan populer.
  • Tidak ada biaya untuk transaksi antara akun Payoneer.
  • Biaya penarikan yang murah.

Kekurangan Payoneer

  • Tidak mudah untuk mengisi kartu Payoneer.

Xpress Money

Xpress Money adalah salah satu pilihan yang bagus untuk transfer uang murah lebih dari 165 negara. Di Xpress Money, biaya tergantung di mana kamu mengirim jumlah tersebut, tetapi biasanya, di mana saja antara 1-2% dari total jumlah.

Selain itu, jika jumlahnya cukup besar, tidak akan ada biaya (tergantung pada mata uang yang dikirim). Misalnya, transaksi gratis untuk mata uang AUD jika nilainya di atas AUD 300.

Tentu saja, Xpress Money memiliki nilai tukar mereka sendiri, tetapi nilai tukar itu sangat kompetitif dan bahkan lebih baik dari Transfast. Xpress Money juga menawarkan beberapa cara untuk menerima jumlah tersebut. Kamu bisa mengambil uang tunai dari agen (lebih dari 200.000 agen di seluruh dunia termasuk Indonesia), menerima di rekening bank, atau bahkan dikirimkan ke pintu rumahmu secara gratis (hanya didukung negara tertentu). Tergantung pada metode penerimaan, waktu yang dibutuhkan bisa di mana saja antara 2-5 hari untuk menerima uang.

Kelebihan Xpress Money

  • Tarif murah.
  • Banyak cara untuk menerima uang.
  • Mendukung lebih dari 80 mata uang.

Kekurangan Xpress Money

  • Akun online terbatas pada beberapa negara.
  • Struktur biaya sulit dipahami.

BACA JUGA: Cara Buat Akun PayPal tanpa Kartu Kredit tahun 2023

Written by Ardy Messi

Work in PR agency, Strategic Planner wannabe, a bikers, a cyclist, music and movie freak, Barca fans.