Investasi Tak Hanya Tabungan (thesimpledollar.com)

Mendengar kata investasi, pasti yang terbayang dalam pikiran kamu adalah tabungan, properti, hingga hal-hal yang berhubungan dengan keuangan. Tapi tahukah kamu kalau sebenarnya investasi itu tak hanya melulu soal tabungan, properti, serta uang. Investasi memang sangat diperlukan untuk hari tua agar hidupmu lebih terjamin, tapi ternyata ada investasi kasat mata yang terkesan sepele namun akan bermanfaat untuk dirimu di masa tua. Investasi-investasi ini sangat berharga sehingga kamu tak akan bisa membelinya dengan uang. Ingin tahu ada investasi apa saja yang harus JBers miliki untuk masa tua? Mari kita lihat listnya!

1.Kepribadian yang Baik

Setia Kawan (needhelpnow.ca)

Percaya atau tidak, orang-orang yang berkepribadian baik di masa mudanya akan berpengaruh pada masa tuanya. Saat kamu nantinya menghadapi suatu masalah di masa tua, akan ada banyak orang yang mengulurkan tangan untuk membantumu keluar dari masalah tersebut karena kamu adalah seorang yang berkepribadian baik. Kepribadian yang baik ini bisa berupa sifat yang rela menolong, dermawan, ramah, setia kawan, hingga tidak pernah membicarakan tentang keburukan orang lain.

2.Tubuh yang Sehat

Rajin Berolahraga (fitnessinformative.com)

Sudah bukan rahasia lagi kalau tubuh yang sehat itu akan mendatangkan banyak manfaat. Masa tua selalu identik dengan rumah sakit karena saat kita sudah tua, berbagai macam penyakit akan muncul dan berdatangan. Kamu tentunya tak ingin hal itu terjadi padamu bukan? Oleh karena itu, kesehatan adalah investasi yang wajib kamu miliki untuk hari tua. Jadi, mulai sekarang, mulailah untuk rutin berolahraga dua hingga tiga kali dalam seminggu dan menjaga pola makan dengan makanan yang kaya akan serat dan gizi.

3.Pengalaman Hidup

Membantu Sesama (pinterest.com)

Pengalaman hidup memang terlihat sangat sepele dan tidak terlalu bermanfaat, tapi pengalaman hidup yang telah kamu jalani selama ini bisa sangat bermanfaat untuk masa tuamu. Dengan banyaknya pengalaman hidup yang kamu miliki, pemikiranmu akan lebih berkembang dan berdampak pada karaktermu agar bisa bersikap lebih bijak dan berpikiran lebih luas. Pengalaman hidup yang bisa kamu jadikan investasi selain dari kehidupan sehari-hari adalah kegiatan sosial hingga kegiatan positif yang bisa memberikanmu banyak pelajaran yang tak kamu dapatkan dari bangku sekolah dan kuliah.

4.Sahabat Setia

Memiliki Sahabat Setia (huffpost.com)

Memiliki banyak teman bukanlah hal yang sulit, tapi bagaimana dengan sahabat setia? Kamu bisa memiliki puluhan teman, tapi hanya beberapa di antaranya yang bisa dikatakan sebagai sahabat. Sahabat adalah teman terbaik yang selalu ada di saat susah dan senang, tempat kamu berbagi cerita, serta menjalani hal-hal seru bersama. Jika kamu memiliki sahabat di masa muda, maka jagalah persahabatanmu agar tetap awet karena sahabat bisa menjadi orang yang terdekatmu di masa tua yang membuatmu selalu merasa bahagia. Jadi, jangan sia-siakan sahabat yang sudah kamu miliki saat ini ya JBers!

5.Hubungan Dekat dengan Keluarga

Hubungan Dekat dengan Keluarga (cdn.turner.com)

Tak berbeda jauh dengan sahabat sejati, keluarga adalah orang terdekat dalam hidup kita. Hubungan dekat dengan keluarga bisa menjadi investasi yang penting untuk kamu miliki di hari tua. Oleh karena itu, jagalah hubungan kekeluargaanmu dengan ayah, ibu, terutama saudaramu. Buat kamu yang sering bertengkar dengan saudara, mulai sekarang kurangilah intensitas bertengkarmu dan gantilah dengan lebih banyak menghabiskan waktu bersama dengan pergi jalan-jalan atau melakukan kegiatan lainnya yang seru.

Itulah kelima investasi yang terlihat tak terlalu penting, tapi ternyata bisa bermanfaat di masa tua sehingga wajib kamu miliki mulai dari sekarang. (jow)